7 TIPS MENGHINDARI STRESS

7 TIPS UNTUK MENGHINDARI STRESS
Oleh:Defiandi Selan
(Mahasiswa Keperawatan STIKES NUSANTARA Kupang)

            Stress adalah ketidak seimbangan antara tuntutan atau kebutuhan sumber daya yang di miliki, artinya kebutuhan dan keinginana seseorang yang tidak terpenuhi karena berbagai faktor dan alasan tertentu yang di alami sendiri oleh orang itu seseuai dengan kebutuhan dan keinginan yang ia ingin mencapai semuanya.
            Nah di sini akan muncul berbagai macam persoalan, karena setiap kebutuhan yang kita butuhkan dan keinginan yang kita inginkan tidak selamanya akan sesuai dengan yang kita inginkan. Sehingga dari pada itu kita sendiri akan merasakan kecewa, gelisah, keluh, kesal, seakan tak berdaya akhirnya mengalami yang namanya stress.
            Padahal yang seharusnya kita ketahui dan pahami bahwa “Keberhasilan tidak selamanya sesuai dengan harapan atau keinginan” .
Oleh karena itu kita perlu melakukan beberapa tips di bawa ini agar dapat menghindari bawaan suasana yang mengarah kepada stress.

1.    Selalu Bersyukur kepada Yang Maha Kuasa.
            Bersyukur adalah hal dimana anda selalu bersikap mau menerima setiap keadaan apapun dan bagaimana pun. Dengan Bersyukur anda lebih mengarah kepada sikap lebih sederhana yang juga sangat menguntungkan bagi anda karena menyadarkan anda untuk terus berpikir yang logis dan positif sehingga sulit untuk mengalami stress karena anda selalu hadapi segalanya dengan selalu rasa Bersyukur. “Teruslah Bersyukur, dan anda sendiri akan merasakannya”.


2.Cobalah untuk berpikir positif.
            Selalu berpikir positif dalam segala hal walaupun kita tahu bahwa yang anda alami saat itu adalah suatu kegagalan, nah, YANG DI maksudkan “berpikir positif” di sini yakni jangan terus terpuruk atau terperangkap dalam kegagalan itu karena jikalau terjadi demikian maka anda sendiri akan dapat resikonya yaitu stress, sehingga suatu kegagalan itu kita perlu keiklasan untuk mengakui, tetapi dengan selanjutnya berusaha mengambil hikmahnya jadikan itu sebagai suatu pengalaman dimana anda dapat kembali mengintrospeksi diri  dan terus berjuang, akhir dari pada itu dengan sendirinya kita akan lebih dominan untuk berusaha memperbaiki diri dari kegagalan itu, sehingga tidak ada ruang untuk memikirkan kegagalan yang hanya akan mengakibatkan kita mengalami stress.


3.Jaga batasan pergaulan anda.
            Jangan sering bergaul dengan orang yang tidak membawa suasana ketenangan bagi diri anda. Bergaul dengan orang demikian maka hanya akan membuat anda stress dan menambah stress lagi ketika anda mengalaminya saat itu.

            Alangkah lebih baiknya “bergaullah dengan orang yang mempunyai nilai tambah kepada diri anda” agar anda lebih terdorong dengan hal-hal baru yang lebih baik dari dirinya yang mungkin tidak ada pada diri anda. Misalkan orang yang anda gauli sifat atau karakteristiknya ramah, berwibawa, saling mengasihi antara sesama dan lain sebagainya yang intinya baik, maka anda akan lebih terpengaruh untuk melakukan yang sama dengannya,sehingga akan membawa dampak positif yang sangat besar bagi anda sendiri menjadi lebih berwibawa,dan yang pastinya akan merasa lebih bahagia bila anda selalu menerapkan hal-hal kebaikan di setiap saat, dan dimana pun anda berada.
                                                                              
4.   Tanggalkan kebiasaan menyendiri.
            Karena akan mengakibatkan anda terbeban dengan segala masalah-masalah dalam hidup anda. Sehingga perlu menghindari hal demikian agar segala beban hidup anda tidak harus anda menyendiri dan terus berpikir sendiri akhirnya menyebabkan anda jadi stress.

            Anda perlu berinteraksi, “tidaklah bagus jika harus sering mengurung atau menyendiri”, karena berdampak sangat fatal bagi kesehatan anda, Anda akan berpikir segala sesuatu yang sebenarnya mengakibtkan anda stress, sehingga tdak segera membuka diri untuk berinteraksi dengan orang lain maka anda akan sangat terganggu dengan psikologi anda yang tidak suka untuk berinteraksi. Stressor akan muncul bagi anda sendiri, hindari hal demikian.


5.   Bila ada masalah carilah solusi.
            berusaha mencari solusi bagaimana dapat mengatasi masalah anda, agar  tidak terus berlarut dalam masalah anda sendiri yang bisa menyebabkan stress, Ceritakan kepada sahabat anda atau orang terdekat di sekitar anda dan kemungkinan besar akan segera dapatkan solusinya.

            Bila perlu cari motivator yang bisa memotivasi, mendorong anda untuk terus maju ke depan dengan memulai hal-hal baru yang bisa membuat anda lebih semangat menata hidup anda tanpa harus berpikir dengan masalah yang sudah  berlalu yang terus menghantui pikiran anda sehingga dapat mengakibatkan stress bagi diri.


6.   Banyak istrahat.
            Tidur adalah saat paling tepat untuk menenangkan pikiran anda terhadap segala aktifitas anda selama beberapa waktu. Banyak orang begitu antusias untuk terus bekerja dan bekerja keras, tetapi tidak perdulikan dengan kesehatan otaknya yang bila tidak istirahat maka akan menyebabkan berbagai gangguan terutama pada kesehatan otak anda akan kurang efektif dan akhirnya anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam bekerja. Dari pada hal tersebut anda akan mengalami rasa ketidak nyamanan dalam bekerja sehingga akan menimbulkan stress, Pandailah mengatur waktu istrahat anda walaupun hanya sekejap dalam beberapa waktu yang di pakai untuk bekerja. Dengan begitu anda sendiri akan merasakan semangat yang terus membuat anda semakin fress setelah istrahat itu akan terlihat sangat jelas dalam pekerjaan atau segala aktifitas anda.

7.   Perlu Refresing.
            Sisakan waktu anda untuk refresing, Karena anda tidak bisa memaksakan diri anda dengan terus berfocus pada kesibukan kerjaan anda, Dengan adanya refresing anda terasa lebih rilex bahkan akan lebih menikmati pekerjaan anda jika anda selalu menyediakan waktu untuk merefresing pikiran anda lebih ceria.

            Pergilah ke suatu tempat, tetapi tidak perlu tempat yang jauh, yang penting adalah dimana anda merasa bisa nyaman dan melepas semua kelelahan dalam segala aktifitas anda. Maka akan mengurangi rasa kelelahan dalam setiap aktifitas anda sehingga pastinya anda tidak perlu merasa stress dengan tugas aktifitas anda.



Demikian

Semoga Bermanfaat Bagi Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MODEL KONSEPTUAL PRAKTEK KEPERAWATAN KELUARGA "

MANAJEMEN PELAYANAN DAN ASUHAN KEPERAWATAN

Yang Mudah yang Harus Berkarya